Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

LANGKAH AWAL BERORGANISASI DI IGI


            
            Berorganisasi merupakan ciri khas manusia sebagai makhluk sosial, tentunya sebagai makhluk sosial kita semua mengenyam banyak sekali organisasi yang diikuti. Mulai dari organisasi di masyarakat, Sekolah, Kampus sampai dengan sekarang ini di organisasi Profesi. Sebetulnya sebagai seorang guru yang disibukkan dengan berbagai macam kesibukan terutama dalam administrasi, kita tidak boleh merasa ragu akan menjadi bagian di organisasi IGI ini. Dalam Webinar yang bertajuk Great Teacher, Great Leader dalam rangka bekal menjadi pengurus IGI, ada hal menarik berorganisasi di IGI.

Kondisi guru di Indonesia tidak semuanya bisa dikatakan Sejahtera. Untuk mewujudakan pembelajaran yang optimal di sekolah tentunya harus mempertimbambangkan kondisi seorang guru. Jika kondisi seorang guru kurang memadai maka tidak menutup kemungkinan tugas seorang guru tersebut bisa berjalan dengan baik. permasalahan tersebut menjadi perjuangan IGI terutama Bidang Advokasi. Selain permasalahan tersebut masih banyak lagi yang menjadi perhatian bidang advokasi IGI ke depan.

Perjuangan di atas tidak akan mungkin bisa diraih apabila belum ada komitmen dan kekompakan dalam berorganisasi. Ketika mengikuti Webinar yang bertajuk Great Teacher, Great Leader yang disampaikan oleh Jimmy Muhammad Rifai Gani pada hari jumat (20.08.2021) sore kemarin ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan berorganisasi.

  Niat, Niat merupakan langkah awal kita dalam berorganisasi, tentunya tanpa ada paksaan dari orang lain. Niat karena motivasi diri sendiri dengan maksud bersilaturrahmi, memperluas jaringan dan berbagi cerita sebagai guru. Dilandasi niat tersebut insya allah komitmen berorganisasi dapat terwujud di langkah awal.

Langkah kedua yaitu Teamwork (kerja sama tim), Dalam sebuah organisasi tentunya ada pembagian tugas (Jobdisk) di masing-masing pengurus/anggota. Ketika menjalankan tugas masing-masing haruslah antar bidang saling support/membantu untuk kelancaran suatu kegiatan. Tidaklah elok antar pengurus mementingkan tugasnya sendiri-sendiri, maka dari itu saling kolaborasi membantu menutupi kekurangan masing-masing menjadi kelebihan dalam menjalankan sebuah organisasi.

Komukasi menjadi langkah ketiga dalam berorganisasi, langkah ini merupakan bagian penting dalam mewujudkan tujuan organisasi. dengan adanya komunikasi yang baik antar pengurus maupun anggota dapat menciptakan energi positif dalam bersinergi ke depan.

Tiga langkah tadi merupakan hal yang paling awal dalam mewujudkan komitmen berorganisasi. Tentunya masih banyak hal lagi yang harus kita lakukan demi mencapai tujuan bersama.

Muhammad Adib Chilmi, S.Pd.

Guru Sejarah Smanusa Gresik

Bidang Advokasi IGI Gresik

Post a Comment

0 Comments