RAKERWIL "Anti Mainstream” IGI JATIM

Minggu ini Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Provinsi Jawa Timur punya gawe melaksanakan rakerwil pengurus IGI se Jawa Timur yang akan dilaksanakan tanggal 6 – 7 Agustus 2016 di “Petung Ulung Advanture” desa Margopatut kecamatan Sawahan kab. Nganjuk. Sekilas mendengar tempat rakerwil memang tidak seperti layaknya rakerwil suatu organisasi besar.

Teringat tulisan mas Iman Supriyono dari SNF Konsulting yang pernah ikut terlibat membesarkan IGI di Jatim tentang Ulang "anti mainstream" Tahun. Rakerwil IGI yang dilaksanakan minggu ini termasuk Rakerwil “anti mainstream” IGI Jatim. Seperti kebiasan kegiatan-kegiatan di IGI yang kebanyakan anti mainstream. Lihat saja Konggres IGI di Makasar, akhir Januari 2016. Persiapan konggres melalui rapat virtual, materi konggres yang tanpa kertas, penginapan peserta konggres menggunakan konsep guru saudara.


Rapat kerja wilayah suatu organisasi setingkat provinsi biasanya digelar di hotel mewah atau laling tidak di ruang rapat yang ber ac, sehigga menghasilkan sesuatu yang berguna bagi pengembangan organisasi. Rapat kerja kali ini akan dilaksanakan di Petung Ulung Advanture, desa Margopatut kecamatan Sawahan kabupaten Nganjuk. Lokasi ini ada di lereng gunung Ngliman dan tidak terlalu jauh dengan lokasi air tejun sedudo. Jarak lokasi dari terminal Nganjuk kira-kira bisa ditempuh paling lama 30 menit, bisa menggunakan ojek atau kalau mau rombongan teman-teman peserta rakerwil akan dijemput oleh tim panitia lokal. Lokasi rakerwil ada di obyek wisata yang cukup alami dan sangat menantang.
 

Rakerwil yang akan berlangsung 2 hari tanggal 6-7 Agustus 2016, para peserta akan menginap di camp rakerwil di sepanjang kali desa morgopatut. Peserta yang belum terbiasa kemah dengan siswa-siswanya akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika tidur malam sehabis melaksanakan rapat kerja. Kalau raker di hotel, biasanya kita tidur ditemani televisi 30 inchi sambil mendengarkan alunan musik siaran televisi, kali ini peserta raker tidur diiringi suara kodok dan jangkrik serta musik aliran sungai yang sangat syahdu, alangkah indahnya. Untuk itu jangan dilewatkan kesempat ini, mungkin bapak ibu tidak akan bisa mengulang momen yang indah ini sepanjang hidup, nggak mungkin kan kita mau tidur sendirian di pinggir kali.
 

Pelaksanaan raker apa juga di pinggir kali ..? Betul sekali, rapat umum mulai pembukaan, sidang komisi dan sidang pleno semuaya akan dilaksanakan di gazebo pinggir kali atau istilah kerennya riverside. Kalau biasanya kita rapat di ruang pertemuan yang mewah, kali ini peserta raker juga akan ditempatkan di ruang rapat yang sangat mewah alias mepet sawah, kita harus bertarung dengan suara gemuruh aliran sungai di desa Margopatut, kita harus berbicara keras agar tidak kalah dengan suara air, hikmahnya otot-otot mulut kita akan ikut berolahraga sehingga pulang dari raker dijamin akan menjadi orang bawel dan bicara lantang, ini tentu sangat bermanfaat bagi kita yang punya profesi guru hehe..he.


Nah ... karena rakerwil kali ini anti mainstream, maka kita harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya, apa yang harus disiapkan oleh PESERTA RAKERWIL ....? 

Penasaran dengan rakerwil IGI Jatim yang anti mainstream..? Datang saja di hari Sabtu malam Minggu tanggal 6-7 Agustus 2016, pasti heboh pool. Barusan ada yang tanya dari calon peserta raker, mohon maaf pak, mau tanya tempat rakerwil di Nganjuk apa ada tempat mandinya khusus atau mandi bareng2 di sungai ???. Pertanyaan yang sangat menggeliik J.. J, tentu saja ada kamar mandinya. Mungkin ibu-ibu kawatir kalau harus mandi di sungai J J J , bu Ima yang empunya sekolah rakyat di desa Margopatut senyum-seyum membaca tulisan ini. Tapi yang namanya mandi anti mainstream itu tentu tidak ada shower, tidak ada air hangat dan tidak ada perlengkapan mandi ala hotel seperti layaknya raker di hotel. Untuk itu kawan-kawan peserta raker harus menyiapkan diri dengan perlengkapan mandi, harus siap sabun mandi, siap sampo sendiri, siap handuk sendiri  J… J.. J, panitia tidak sanggup menyiapkan pelengkapan mandi. Mungkin ada yang bertanya juga, boleh nggak kalau mau bernostalgia dengan masa kecil ingin mandi di sungai..? Boleh saja, silahkan disiapkan perlengkapan mandi di sungai beserta perlengkapanya .. J.. J. Siapkan juga untuk "Arung Jeram", tim dari petung ulung advanture akan memandu para peserta rakerwil untuk mandi ala arung jeram, pasti asyiik pool, baru kali ini raker sambil menikmati tantangan arung jeram
.
Bagaimana dengan makan dan coffe break ala raker anti mainstream...?, tentunya sangat berbeda dengan menu hoel bintang lima. Menu andalan petung ulung adalah Inthil Goreng, penasaran dengan menu ini datang saja ke rakerwil Igi Jatim. Selain menu makan inthil goreng ada juga nasi tiwul makanan khas jaman perang  J  J J, kalau makan nasi ini pasti tidak akan kena penyakit asam lambung.

.
Ketua Panitia

Rakerwil IGI Provinsi Jatim,

Dokumentasi kegiatan : 












Share on Google Plus

About IGI Gresik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment