GURU IGI, GURU VIP

Bergabung dengan IGI, lalu bersiaplah menjadi guru terbaik di Indonesia VIP Very Important Personal sering kita lihat diberbagai macam kegiatan orang orang ini adalah orang orang terpilih dan menjadi orang penting tapi terbatas dan mungkin santa terbatas adanya. Dalam berbagai kegiatan tanpa adanya orang penting atau bahkan sangat penting kegiatan menjadi hambar tak berasa bahkan bisa jadi kegiatannya batal tak terlaksana. 
Sosok orang orang VIP mestinya hadir juga dalam dunia pendidikan sebab guru hebat adalah guru VIP. Guru yang menjadi sangat penting walau sebetulnya guru sendiri sudah menjadi sosok yang penting dan sangat diharapkan dalam kehidupan bermasyarakat bukan saja hanya kehadirannya menjadi pelengkap sebuah kegiatan tetapi guru menjadi pewarna dalam sebuah kegiatan. Guru VIP adalah sosok guru yang dicita citakan oleh kita semua yang penggagasnya adalah sang Sekretaris Jenderal Ikatan Guru Indonesia pertama yaitu pa Ihsan dan beliau sampaikan pada saat kongres IGI 2 di Makasar.

Bagaimana cara menjadi Guru VIP. Setiap guru yang ingin melihat perubahan besar dalam kehidupan ini wajiblah kiranya untuk menjadi sosok guru VIP. Guru yang selalu punya keinginan untuk terus bergerak dan berubah menjadi lebih baik, sosok guru VIP ini sendiri dapat terwujud apabila guru ini memahami arti VIP yang lain dari VIP (very Important Person) tadi. VIP yang dimaksud berikutnya adalah :
1. V (visi) Setiap guru wajib memiliki visi yaitu kemampuan untuk melihat kedepan sehingga apa yang akan diajarkan kepada anak didiknya adalah pandangan pandangan guru atau telaahan guru tentang apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, tentunya ini bukan ramalan sekadarnya tanpa ilmu tapi berdasarkan analisa yang kuat karena didasari oleh kemampuan keilmuannya. Mengapa pandangan kedepan ini menjadi sangat penting karena peserta didik yang kita ajar hari ini hidup mereka sesungguhnya adalah di masa depan suatu masa yang akan datang yang akan dihadapi oleh peserta didik. Visi ini juga menjadi penting ketika guru hadir didalam kelas bukan hanya mengajar tentang materi pelajaran yang diampunya tetapi juga tentang bekal nyata di masa yang akan datang dalam bentuk pendidikan life skill yaitu pendidikan kecakapan hidup, kerjasama, membuat team work yang hebat dan tidak kalah pentingnya juga menanamkan jiwa kewirausahaan yang didalamnya akan memunculkan peserta didik yang inovatif, kreatif, tidak mudah menyerah, anti mainstream, sportif dan banyak lagi nilai positif yang lainnya yang bisa diajarkan oleh guru yang mempunyai visi.
2. I (Inisiatif) Guru yang punya inisiatif adalah guru guru yang banyak akal, guru yang selalu punya inovasi dalam mengajar dan dalam menyelesaikan berbagai macam masalah sehingga sosok guru yang punya inisiatif akan selalu hadir dengan berbagai macam ide yang mungkin beda dari guru guru yang lainnya. Memiliki inisiatif berarti guru tersebut telah menjadi pelopor dalam berbagai hal bukan hanya sekedar menjadi pengekor sebab dijaman seperti ini atau dijaman anak didik kita hidup kelak menjadi pengekor berarti hanya akan mendapat sisa alas bagian kehidupan dari orang orang yang selalu punya ide, gagasan, rintisan, daya usaha, buah pikiran, prakarsa dari pelopor 
3. P (Persistensi) Persistensi adalah menjadi sesuatu yang jauh menjadi lebih penting dari visi dan inisiatif karena inilah sesungguhnya dari kunci untuk menjadi guru VIP. Persistensi secara mudah diartikan keseriusan dalam berusaha, kesungguhan dalam mewujudkan mimpi mimpi dan melakukannya secara terus menerus walaupun sering gagal. Banyak kita lihat orang orang yang berhasil adalah orang orang yang sebelumnya gagal tapi dia bisa move on dari kegagalannya. Guru VIP diwajibkan memiliki jiwa persistensi ini karena yang dihadapi adalah mahluk hidup dan kita tahu bagaimana Thomas Alva Edison saja yang menghadapi benda mati telah mencoba penelitian bola lampu pijar sampai 10.000 kali dan akhirnya berhasil atau Kolonel Sanders telah menawarkan resep makanannya hingga 1009 kali (Ade Rai). 
Guru VIP akan hadir membawa perubahan besar dikehidupan bangsa ini sudah saatnya kita memang benar benar menjadi bang
sa yang besar, bangsa yang disegani oleh bangsa lain karena memiliki guru guru VIP yang juga akan menjadi guru guru hebat untuk Indonesia hebat. Semoga ... (Rahmat, disarikan dari pidato Pa Ihsan)

(Cuplikan orasi saat saya mengundurkan diri dari pencalonan Ketua Umum IGI, di arena kongres ke-2 IGI di Makassar, 30-31 Januari 2016)


diolah dari berbagai sumber 


Share on Google Plus

About IGI Gresik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment