Peringati HGN, IGI Gresik adakan Writing Camp

Jika ditempat lain, Hari Guru Nasional diperingati dengan adanya Upacara Bendera, Pameran buku, peluncuran Buku dan pelatihan. IGI Kabupaten Gresik Peringati HGN dan Hari Ulang Tahun IGI ke 8, menyenggarakan Writing Camp. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 sd 26 Nopember 2017 di Hotel Pondok Jatim Park Batu. Peserta Writing Camp IGI Gresik ini diikuti 34 peserta dari Gresik, Bojonegoro, Surabaya, Pasuruan, Kediri, Malang dan Batu.  Dengan Kegiatan Writing Camp ini diharapkan para guru mampu membuat tulisan berupa buku, baiuk secara individu atau buku antologi (kumpulan dari beberapa tulisan dari Peserta Writing Camp).
Acara IGI Gresik Writing Camp ini di buka oleh Bapak Aris Riyadi, M.Pd selaku bidang Pelatihan, Penelitian dan Pendidikan IGI Wilayah Jawa Timur. Penyampaian Visi, Misi dan Tujuan IGI disampaikan kepada Peserta pelatihan untuk bisa lebih mengenalkan IGI lebih dekat bagi yang belum menjadi anggota IGI dan lebih memantapkan lagi akan komiten terhadap IGI. Perjalanan dan dinamika organisasi dari waktu ke waktu disampaikan oleh Bapak Aris Riyadi, MPd termasuk, peran dan kiprah IGI dalam peningkatan komptensi guru yang ada di daerah daerah. Motto Sharing and Growing Together di IGI harus terus menerus untuk digelorakan, pengurus dan anggota IGI tidak boleh “pelit ilmu”. Diakhir sambutanya beliau membacakan Puisi dalam rangka HGN 2017 tentang Guru.
Setelah acara pembukaan, sesi berikutnya adalah materi dari Bapak Ahmad Faizin Karimi tentang Teori Penulisan, Proses kreatif, sistematika dan praktek menulis 1.  Setiap Peserta mendapakan buku karya Bapak Ahmad Faizin Karimi berjudul Make Your Book Come True. Dengan beberapa pengantar tentang penulian essay umum, maka peserta lanssung dipandu untuk menuliskan essay bebas sesuai dengan bidang pelajaran yang diampu. Dengan kumpulan Essay yang dibuat maka hasil karya ini nanti diharapkan sudah tidak ada PR kembali dan untuk proses berikutnya adalah cara menulis buku.
Pada hari ke 2 dilanjutkan dengan penyusunan dan perencanaan buku lanjutan. Penyusunan dan perencanaan buku lanjutan ini diharapkan peserta sudah mulai untuk menyusun kerangka tulisan buku, sehingga proses berikutnya bisa dilakukan secara mandiri dirumah. Panitia pelaksana memberikan batasan waktu penulisan buku agar proses penulisan bisa segera dilakukan dan menghasilkan buku yang diharapkan.
Sebelum Penutupan, sesi motivasi  akan disampaikan oleh Bapak Satria Dharma. Dengan materi yang akan disampaikan oleh Bapak Satria Dharma ini nanti para peserta lebih terpacu lebih semangat dalam menuliskan karya buku. BAgi peserta yang sudah pernah menulis buku akan semakin giat untuk terus menerbitkan buku dan lebih baik lagi dari sisi kualitas. Dan bagi peserta pemula, terbitnya Buku ini adalah tonggak sejarah penerbitan buku yang perdana. Semoga dengan kegiatan Writing Camp ini semakin banyak guru yang memiliki kemampuan dalam menulis buku dan menjadi teladan bagi peserta didik bahwa guru guru yang menjadi idolanya juga seorang penulis buku.
Album kegiatan Writing Camp IGI Gresik dapat di akses  disini 
Batu 25 Nopember 2017
Share on Google Plus

About IGI Gresik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment