Ponpes Hutan Jati

Berdiri di Tengah Hutan Jati Blora, Ponpes Modern Ini Siap Jadi Alternatif

2
280
Masjid di kompleks Ponpes Modern Muhammadiyah At Tajdid Blora. (Ria Eka Lestari/PWMU.CO)
PWMU.CO – Meski terletak di tepi  hutan, tapi ponpes ini dikelola secara modern. Itulah Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah At Tajdid yang didirikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Blora.
Letaknya di Dusun Betekan, Desa Ngraho Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Ponpes At Tajdid, tepatnya di tepi jalan raya dan area hutan jati. Pemandangan ala desa dan udara sejuk serta angin sepoi-sepoi menambah kenyamanan belajar di sana.
Di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PDM Kabupaten Blora, pondok pesantren ini didirikan jauh dari pusat kota Blora. Tak lain adalah sebagai pemerataan hak mendapatkan pendidikan yang layak untuk masyarakat di pedesaan.
Juremi saat diwawancarai PWMU.CO/PWMU.CO)
Anggota Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Blora yang membidangi SMA/SMK Drs Juremi MPd menyampaikan pondok ini sudah satu tahun ditempati.
“Sementara ini ada tiga kelas dan tiga kamar yang sudah digunakan. Segera mungkin kami akan memasang tiang bendera dan papan nama,” tuturnya.
Ditemui di kediamannya di Dusun Jompong Desa Sumber Kecamatan Kradenan Menden Kab Blora, Senin (25/12/17) Mas Ju—panggilan akrabnya—mengaku pondok ini sebenarnya sudah lama tapi masih jadi satu putra-putri di Desa Tambakromo Kecamatan Cepu, Blora.
“Kemudian kita pisah. Yang di Tambakromo sekarang khusus putri. Sedangkan yang di Betekan ini khusus putra,” ujarnya.
Pengawas SMA/SMK Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Karesidenan Pati ini menjelaskan Ponpes At Tajdid untuk siswa SMP dan SMA.
“Saat ini ya masih sampai SMA kelas 2 untuk jenjang tertingginya. Kita masih proses membangun gedung baru di depan, samping masjid, untuk tambahan kelas,” ungkapnya.
Alumni Pendidikan Ekonomi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Surabaya (baca: Unesa) itu menceritakan pengajar Ponpes At Tajdid kebanyakan adalah alumni dan pengabdian dari Gontor.
“Kita studi bandingnya ke Pondok Modern Darul Ulum Muhammadiyah Sukorejo Kendal. Kita juga merujuk ke Pondok Modern Darussalam Gontor. Yaaa … Kita ambil yang bagus-bagus dari dua pondok itu dan mampu kita terapkan di sini,” jelasnya.
Kepada PWMU.CO, pria yang juga mengemban amanah sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kradenan, Menden, Blora ini berharap Ponpes At Tajdid semakin diminati masyarakat dan bisa bersaing dengan ponpes-ponpes yang lain.
Nah, untuk para pembaca yang sedang mencari sekolah lanjutan untuk putra putrinya, Ponpes Modern Muhammadiyah At Tajdid ini bisa dijadikan alternatif. (Ria Eka Lestari)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment