Kelas Olahraga SMA Muhammadiyah 8 Cerme, Satu-satunya di Gresik


Kelas olahraga menjadi terobosan apik SMA Muhammadiyah 8 Cerme. Kelas itu telah menghasilkan atlet-atlet muda berbakat. Siswanya menjuarai event olahraga tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.
UMAR WIRAHADI
RUANG berukuran 10 x 12 meter itu terlihat riuh. Atlet-atlet remaja dengan pakaian khas cabang olahraga (cabor) masing-masing berlatih. Ada yang mengeluarkan jurus pencak silat, bermain bola, serta lari-lari kecil. Di sudut lain, terlihat dua siswi memegang busur panah dengan posisi membidik sasaran. ’’Ini latihan rutin kami setelah mata pelajaran reguler selesai,” kata Galih Budi Arsana, salah seorang siswa, Selasa (25/4).
Budi dan kawan-kawannya adalah siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme yang tergabung dalam kelas olahraga. Remaja bertubuh tinggi itu adalah atlet atletik Jawa Timur. Dia pernah menang dalam berbagai event. Baik tingkat kabupaten maupun provinsi.
Saat ini Budi mempersiapkan diri untuk dua event bergengsi. Yaitu, East Java Marathon di Jembatan Suramadu dan International Beautiful Run di Kota Malang. ”Menghadapi dua momen besar itu saya harus latihan keras supaya hasilnya bagus,” ujar pelajar 17 tahun itu.
Prestasi terbaru siswa kelas olahraga SMA Muhammadiyah 8 Cerme ialah juara kejuaraan nasional atletik di Jakarta pada 21-24 April. Siswa bernama Andre Ardiansyah mendapat medali emas nomor lompat jauh dengan jangkauan 6,72 meter. Dia mengungguli atlet Provinsi DKI dengan jangkauan 6,35 meter dan Bangka Belitung 6,28 meter.
Menurut Kepala SMA Muhammadiyah 8 Cerme Hasan Abidin, kelas olahraga di sekolah itu dibuka sejak 2013. Inspirasi muncul karena di Kabupaten Gresik belum ada sekolah yang membuka kelas olahraga. ’’Minat siswa juga sangat besar,” tuturnya.
Kelas olahraga juga kini menjelma menjadi program unggulan di lembaga yang dipimpinnya. Kelas tersebut, kata dia, menjadi ciri khas SMA Muhammadiyah 8 Cerme. Hasan Abidin memastikan tahun ini bersiap membuka dua cabang olahraga lain. Yaitu, catur dan anggar. ’’Mudah-mudahan tahun pelajaran baru nanti, catur dan anggar sudah siap,” ujarnya. (*/roz/sep/JPG)

referensi : https://www.jawapos.com/features/26/04/2017/kelas-olahraga-sma-muhammadiyah-8-cerme-satu-satunya-di-gresik

link Video :



Share on Google Plus

About IGI Gresik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment