Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Komitmen dalam Berorganisasi

 

Abdul Munif (Dokumen pribadi/IGI Gresik)

Dalam berorganisasi dibutuhkan suatu komitmen (kesadaran dan keterikatan) secara bersama dalam membangun kemajuan. Komitmen tersebut harus dilandasi oleh semangat saling memiliki, mengisi, dan menggerakkan di antara anggota. Di samping itu, yang tidak kalah penting adalah bagaimana memosisikan peran anggota sesuai dengan tugas masing-masing untuk bisa saling sinergi dan menyelaraskan dengan cita-cita organisasi yang tertuang di dalam visi dan misi dengan berprinsip “kober (menyempatkam diri), utun (rutin), dan ikhlas (tanpa berharap sesuatu).

Menyelaraskan dan menyatukan pemikiran dari setiap anggota itu bukanlah hal mudah, diperlukan strategi yang mampu membuat orang lain menerima dan berbuat, salah satunya adalah memiliki kemampuan interpersonal communication. Jalinan komunikasi yang efektif terhadap setiap anggota akan memengaruhi hubungan interpersonal dengan baik serta dapat menciptakan kinerja dan suasana organisasi menjadi lebih baik. Sebaliknya, jika jalinan komunikasi yang diterapkan kurang efektif, maka akan berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Kinerja organisasi dapat meningkat apabila kreativitas dan produktivitas dari setiap anggota diwadahi aspirasi dan pemikirannya. Peningkatan tersebut diharapkan dapat mendorong semangat (etos) kerja untuk mewujudkan pengembangan yang berkelanjutan (sustainable).

Hal mendasar yang perlu menjadi perhatian di dalam organisasi adalah adanya saling keterbukaan (open minded) dari setiap anggota organisasi agar dapat tumbuh dan berkembang tanpa ada perasaan curiga di antara sesama dan saling menguatkan untuk membangun dan membesarkan organisasi dengan penuh kesabaran dan kegigihan yang dilandasi semangat gotong royong dan tanggung jawab bersama untuk saling menguatkan dan mengingatkan terhadap sesama dalam satu komando kepemimpinan yang efektif, efisien, terarah, dan terukur untuk menjalankan program kerja organisasi yang disepakati dan ditetapkan dalam periode kepemimpinan.

Abdul Munif

Bidang Sosial dan Kemasyarakatan

IGI Kab. Gresik


Post a Comment

0 Comments