Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

KOMITMEN ORGANISASI SEBUAH KENISCAYAAN

    

 

Masfufah (Dokumentasi Pribadi IGI Gresik)

Sebuah organisasi akan menjadi sukses bila memiliki komitmen yang tinggi diantara anggota-anggota organisasi tersebut. Merupakan sebuah keharusan jika seseorang yang sudah niat menjadi anggota sebuah organisasi untuk setia di organisasi tersebut.

Komitmen organisasi memiliki arti yang kompleks. Untuk melihat bahwa sebuah organisasi memiliki komitmen organisasi bisa dilihat dari beberapa indikator. Diantara indikator-indikator yang menunjukkan bahwa ada komitmen organisasi yaitu:

Pertama; Diantara anggota organisasi memiliki visi yang sama, frekuensi yang sama sehingga memberikan suatu kebaikan untuk mencapai tujuan. Kedua; Dalam organisasi itu anggota-anggotanya melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan suatu organisasi yang ditunjukkan tanggung jawab masing-masing. Ketiga; Ada sebuah penerimaan diri dari setiap anggota organisasi yaitu penerimaan terhadap tujuan organisasi. Ke-empat; Indikator selanjutnya setiap anggota organisasi tidak hanya menerima tapi juga memiliki keyakinan akan tujuan organisasi. Kelima; Ada keinginan yang kuat dari setiap anggota organisasi untuk tetap menjadi organisasi tersebut. Ke-enam; Setiap anggota organisasi percaya, menerima dan mendukung tujuan dari organisasi. Ketujuh; Ada keinginan dan kesediaan untuk mengusahakan yang terbaik.

·             Untuk menjalankan organisasi dalam rangka mencapai tujuan sebuah organisasi dibutuhkan strategi-strategi. Strategi adalah pendekatan keseluruhan yang terkait dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan dan eksekusi kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi. Tahapan-tahapan untuk mencapai tujuan harus memenuhi prinsip-prinsip memiliki nilai, visi, misi, strategi dan action.

 Mencapai tujuan organisasi tidak hanya sekedar bisa mencapai tujuan tetapi tujuan tersebut dapat memiliki manfaat yang luas yang sering disebut SMART GOALS. Smart Goals memliki ciri-ciri diantaranya spesifik, measurable (dapat diukur), agreed (disetujui), realistis dan trackable (dapat dievaluasi). Sehingga nantinya bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

                                                            Masfufah, M.Pd

                                                                    Wakil Ketua IV
                                                                    IGI Gresik



Post a Comment

1 Comments

  1. Hello! I'm working on browsing your blog on the new iPhone 3gs! I just wanted to say that I like reading your blog and I'm looking forward to all your posts. Keep up the good work!

    바카라사이트
    토토
    스포츠토토핫
    사설토토
    토토사이트웹
    바카라사이트

    ReplyDelete