Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Komitmen Organisasi

         


Sri Rahayu "tengah" (Dokumentasi IGI Kab. Gresik)


        Dalam Webinar Great Teacher, Great Leader dalam rangka bekal menjadi pengurus IGI, yang dilaksanakan pada hari jumat tepat tanggal 20 Agustus 2021 tentang komitmen organisasi yang disampaikan oleh bapak Jimy Gani, ada beberapa hal tentang Komitmen Organisasi dan Pemimpin Organisasi.

          Komitmen merupakan suatu janji atau sepakat atas sesuatu hal. Pada saat seseorang sudah berkomitmen maka ia wajib bertanggungjawab terhadap segala kewajiban yang melekat pada dirinya.

      Organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada. Sedang menurut Max Weber organisasi merupakan sebuah kerangka hubungan sosial yang sifatnya terstruktur dimana didalamnya tercantum apa yang menjadi wewenang, pembagian tugas/ kerja dan tanggung jawab untuk menjalankan suatu fungsi tertentu. Sedangkan Menurut Stoner organisasi adalah hubungan antara beberapa orang dimana di dalamnya ada pengarahan dari pimpinan agar apa yang menjadi tujuan bersama bisa tercapai.

          Komitmen organisasi menurut Griffin adalah suatu sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu yang memiliki komitmen tinggi kemungkinan akan melihat dirinya sebagai anggota sejati organisasi. Sedangkan menurut Newstrom dan Davis (2002) komitmen organisasi merupakan tingkat dimana individu memihak dan ingin secara kontinu berpartisipasi aktif dalam organisasi yang tercermin melalui karakteristik-karakteristik sebagai berikut: 1) Adanya keyakinan yang kuat dan penerimaan atas nilai dan tujuan organisasi; 2) Kesediaan untuk mengusahakan yang terbaik bagi organisasi; 3) Adanya keinginan yang pasti untuk bertahan dalam organisasi. Komitmen Organisasi adalah salah satu fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia yang penting dalam mencapai tujuan organisasi.

         Dalam suatu organisasi dibutuhkan seorang pemimpin yang hebat. Pemimpin yang memiliki komitmen yang kuat atas organisasi tersebut. Kriteria dari pemimpin yang hebat adalah sebagai berikut: 1) Vision; 2) Inspiration; 3) Strategic dan critical thinking; 4) Interpersonal communication; 5) Authenticity; 6) Open mindedness dan creativity; 7) Fleksibility; 8) Responsibility; 9) Patience; 10) Countinuous Improvement. Delapan perilaku pemimpin efektif meliputi: 1) Menugaskan pekerjaan; 2) Memberikan arahan; 3) Melakukan Follow-up; 4) Memberikan umpan balik positif; 5) Memberikan umpan balik negative; 6) Memberikan pertolongan; 7) Menyelesaikan masalah; 8) membuat laporan.

            
            Pemimpin hebat tidak ada artinya bila tidak memiliki komitmen, dan setiap orang adalah pemimpin yang memiliki kemauan untuk belajar dan maju bangkit untuk menjadi pemenang.


Sri Rahayu

Bidang Pendidikan, Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan
IGI Kab. Gresik

Post a Comment

0 Comments