Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

ORGANIZATIONAL COMMITMENT

 

                                                                        Thoyimah (dokumen IGI Kab. Gresik)


Kegiatan Pembekalan Manajemen Organisasi dan Enterpreneurship Pengurus IGI se-Indonesia secara Virtual dengan tema "GREAT TEACHER GREAT LEADER".

Pada sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2021 membahas mengenai ORGANIZATIONAL COMMITMENT  yang disampaikan oleh bapak Jimmy Gani. Yang diawali mengenai 10 kualitas pemimpin yang hebat antara lain : Vision (Visi)  : Seorang pemimpin memiliki pandangan dan tujuan yang jauh ke depan; Inspiration : mampu menginspirasi bagi banyak orang dengan memberikan contoh-contoh terbaik; Strategic & Critical Thinking : memiliki strategi dan memiliki jiwa kritis yang mampu melihat 2 sisi dan selalu ingin memperbaiki diri; Interpersonal Communication : Kemampuan berkomunikasi; Autehenticity (Apa Adanya) & Self-Awareness : apa adanya dan memahami diri sendiri; Open-Mindedness & Creativity : keterbukaan dan kreativitas; Flexibility : fleksibel, tidak kaku; Responsibility & Dependability (Dapat Diandalkan) : punya tanggung jawab dan dapat diandalkan; Patience (sabar) & Tenacity (Gigih); Continuous Improvement : selalu memperbaiki diri.

Jadi pemimpin yang hebat itu bukan pemimpin yg dilahirkan langsung bisa menjadi hebat tetapi pemimpin yang melalui suatu proses pembelajaran baik dari  lapangan maupun teori.

Disampaikan pula tentang 8 Perilaku pemimpin efektif yaitu (1) Menugaskan Pekerjaan, (2) Memberikan Arahan, (3) Melakukan Follow-up (tidak lanjut), (4) Memberikan Umpan Balik Positif, (5) Memberikan Umpan Balik Negatif, (6) Memberikan Pertolongan, (7) Menyelesaikan Masalah, (8) Membuat Laporan.

Komitmen organisasi adalah sikap atau bentuk perilaku seseorang terhadap organisasi dalam bentuk loyalitas dan pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi. Seseorang dikatakan memiliki komitmen yang tinggi terhadap organisasi, dapat dikenali dengan ciri-ciri antara lain kepercayaan dan penerimaan yang kuat terhadap tujuan dan nilai-nilai organisasi, kemauan yang kuat untuk bekerja demi organisasi dan keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi.

Seperti yang telah disampaikan oleh bapak Jimmy Gani, menurut beberapa ahli antara lain :

1.   1. L. Mathis-John H. Jackson “ Komitmen Organisasi adalah tingkat sampai dimana karyawan yakin dan menerima tujuan organisasional, serta  berkeinginan untuk tinggal bersama atau meninggalkan perusahaan pada akhirnya tercermin dalam ketidakhadiran dan angka perputaran karyawan.

2.     2. Griffin  “Komitmen organisasi adalah sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya. Seseorang yang memiliki komitmen tinggi pada perusahaan kemungkinan akan melihat dirinya sebagai anggota sejati dalam organisasi.”

      3. Menurut Fred Luthan (2005), Komitmen organisasi adalah sebagai keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu, keinginan untuk berusaha keras sesuai dengan keinginan organisasi dan keyakinan tertentu juga penerimaan nilai dan tujuan organisasi.

 

 

Thoyimah, S.Pd

Bendahara II

IGI Kab. Gresik

  

Post a Comment

0 Comments