Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Tingkatkan Literasi Membaca Sejak Dini, TK Ya Bunayya Teken Kerja Sama dengan Perpusda Bondowoso

 

Ayu Masruroh. (Dok.Pribadi/IGIGresik)

IGIGresik-Untuk meningkatkan literasi membaca para siswanya, TK Ya Bunayya Bondowoso melakukan kerja sama dengan Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Bondowoso. Kerja sama itu berbentuk kunjungan rutin ke perpustakaan, (9/11/2021).

"Kami mengadakan MoU dengan pihak Perpusda. Siswa kami diberi jadwal rutin untuk berkunjung ke perpustakaan untuk memanfaatkan wahana membaca serta wahana bermain yang ada di sana. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan literasi membaca sejak dini untuk murid-murid kami," jelas Ayu Masruroh, Kepala TK Ya Bunayya Bondowoso.

Kegiatan yang dilakukan para siswa di perpustakaan itu ada beberapa macam. Diantaranya, guru kelas akan membacakan buku kepada para murid. Kemudian mereka membaca buku yang diminati. Lalu dilanjutkan dengan bermain bersama di wahana bermain yang bersebelahan dengan wahana membaca. 

"Di Jumat pagi, anak-anak di antar langsung oleh para orang tua ke perpustakaan. Lalu saya akan membacakan buku untuk mereka selama beberapa menit. Mereka sangat antusias mendengar cerita saya. Setelah itu, mereka saya minta untuk membaca buku-buku anak yang ada di rak buku. Meskipun belum bisa membaca, tetapi mereka senang melihat buku-buku yang penuh dengan gambar-gambar itu. Setelah kegiatan membaca selesai, anak-anak akan bermain di wahana bermain yang ada di sana," kata Nurul, salah satu guru TK Ya Bunayya. 

Kerja sama dengan TK Ya Bunayya ini, ternyata bukan satu-satunya kerja sama yang dilakukan Perpusda Bondowoso. Untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak, Pepusda Kabupaten Bondowoso melakukan beberapa terobosan, diantaranya menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah. 

Kerja sama dengan sekolah-sekolah  ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, pihak Perpusda telah mengadakan MoU dengan sekolah-sekolah di Bondowoso dalam program kunjungan siswa ke perpustakaan.

"Program kerja sama dengan sekolah-sekolah di Bondowoso sudah kami lakukan sejak beberapa tahun lalu. Jadi, mereka kami jadwal untuk berkunjung ke Perpusda ini. Bukan hanya untuk siswa TK, tetapi juga untuk siswa SD hingga SMA. Alhamdulilah, program ini disambut antusias oleh sekolah-sekolah di Bondowoso," kata Sugeng Widodo, Kasubag Umum Perpusda Bondowoso. (Febry Suprapto)


Post a Comment

0 Comments