Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Berorganisasi yang Bijak

 

Ahmad Farruq (Dokumen pribadi/IGI Gresik)

Organisasi merupakan salah satu elemen yang pasti kita temui di masyarakat, terlebih kita sebagai tenaga pendidik tentu saja banyak sekali organisasi yang kerap kali diikuti. Misalnya saja IGI (Ikatan Guru Indonesia), PGRI, dan masih banyak lagi. Bergabung dalam organisasi-organisasi tertentu tentunya memberikan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. 

Akan tetapi, ada kalanya dalam berorganisasi tentu saja kita selalu dihadapkan dengan berbagai problematika internal maupun eksternal. Berorganisasi pun sebenarnya tidak boleh asal ingin berorganisasi, tetapi seharusnya memiliki alasan atau tujuan yang kita inginkan dalam berorganisasi. Nah, bagaimana sih, berorganisasi secara bijak, sehingga kita mampu mendapat manfaat yang baik pula. Berikut beberapa tips berorganisasi yang bijak:

1.       Niat yang baik

Bergabung di sebuah organisasi alangkah baiknya tanpa ada paksaan atau dorongan dari orang lain. Berorganisasi yang baik adalah bergabung karena niat diri sendiri akan kebutuhan berorganisasi. Jika sudah berniat untuk bergabung pada suatu organisasi tertentu pastikan memiliki komitmen yang harus dipegang selama bergabung. Banyaknya kasus saat ini adalah komitmen yang kurang saat bergabung dalam sebuah organisasi sehingga kurang maksimal dalam berkontribusi.

2.       Mempunyai visi dan misi yang jelas

Sebelum bergabung dengan sebuah organisasi, alangkah baiknya kita harus mengetahui visi dan misi organisasi tersebut sehingga kita yakin akan manfaatnya nanti jika kita bergabung dengan sebuah organisasi itu.

3.       Disiplin

Dalam berorganisasi tentu saja sering mengadakan program kerja maupun event yang harus dilaksanakan setiap tahun. Tentu saja persiapan tersebut harus dimatangkan para anggota organisasi maupun kepanitiaan dengan mengadakan banyak rapat dan diskusi. Jika sudah begini kamu harus berkomitmen untuk datang tepat waktu dalam rapat dan bertanggung jawab pada program kerja yang akan kamu selenggarakan.

4.       Bertanggung jawab

Menjadi anggota organisasi yang baik adalah dengan bertanggung jawab atas pekerjaan atau tugas yang diberikan. Maka dari itu, sejak awal untuk bergabung menjadi anggota organisasi diharuskan memiliki niat dan komitmen yang kuat karena dalam perjalanan berorganisasi sudah pasti memiliki program kerja yang cukup banyak dan membutuhkan kontribusi yang nyata untuk membangun sebuah program kerja tersebut.

5.       Saling terbuka

Dalam berorganisasi tak semudah dibayangkan. Kita akan dihadapkan dengan berbagai karakter para anggota yang tentu saja terkadang membuat kita harus ekstra sabar.

Kita bisa melakukan evaluasi organisasimu agar terbuka satu sama lain dan tidak memendam masalah atau emosi. Saling terbuka juga akan berguna untuk dapat menemukan solusi dari masalah yang terjadi.

Ahmad Farruq

Bidang Literasi

IGI Kab. Gresik

Post a Comment

0 Comments