Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Relawan Pajar Berhasil Kirim Wakaf Quran ke Pelosok Kabupaten Enrekang

 

Anak-anak dari dua TPA di Dusun Tarian. (Dok.Pribadi/IGIGresik)

IGIGresik-Sejumlah Relawan Project Amal Jariyah (Pajar), Senin (7/11/2021) berhasil menjangkau dua lokasi di Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang. Keduanya berada di Dusun Tarian dan Dusun Kira.

Kedatangan mereka dalam rangka menyalurkan perlengkapan belajar mengaji di masjid-masjid kampung yang memiliki wadah Taman Pendidikan Alquran (TPA). Tak kurang dari 10 orang relawan mengikuti kegiatan penyaluran tersebut. Mereka berasal dari profesi yang berbeda-beda. Ada yang bergiat sebagai guru, pekerja swasta, pekebun, hingga pegawai bank.

Salat Zuhur belum lama usai ketika rintik-rintik hujan menyambut para Relawan Pajar. Begitu tiba, lokasi pertama berada di Masjid Baitul Makmur di Dusun Tarian, dari kegiatan penyaluran Alquran hari itu. Kampung tersebut berada di daerah lembahan dengan hawa yang sejuk.

Di dalam masjid, empat puluhan anak rentang usia sekolah dasar beserta pembinanya sudah menunggu dengan rapi. Mereka berasal dari dua TPA yang berbeda, yaitu TPA Tarian dan TPA Nurul Tarbiyah.

Dalam sambutannya, Sudarmono mengimbau kepada murid TPA agar nantinya menjadikan Alquran tersebut sebagai benda favorit yang mereka miliki. Ia juga berharap agar mereka sering membaca Alquran kapanpun mereka mempunyai waktu senggang.

“Sayangilah Quran itu dengan sering-sering membacanya,” pungkasnya kepada anak-anak TPA mewakili pengurus Komunitas Pajar.

Komunitas Pajar sejak awal dibentuk menjelang akhir 2020 memang memfokuskan kegiatannya pada penyaluran wakaf Alquran khususnya di Kabupaten Enrekang.

Komunitas yang mengusung slogan ‘Satu Bulan Satu Alquran ini rutin menjemput bola dengan menyambangi pengurus masjid atau musala secara langsung. Mereka membagikan proposal yang berisi formulir isian kebutuhan para warga dan jamaah dalam memberantas buta Alquran.

Kebutuhannya juga bisa bermacam-macam. Mulai dari buku Alquran ukuran besar untuk orang dewasa hingga Alquran hafalan yang digunakan anak-anak.

Orang dewasa seringkali membutuhkan Alquran ukuran besar, ibu-ibu menginginkan buku belajar Dirosah, dan anak-anak membutuhkan Iqro’ atau bahkan Alquran yang khusus dipakai untuk menghafal.

Setelah pendataan kebutuhan lengkap, pengurus komunitas menyebarkan pamflet berisi ajakan donasi kepada masyarakat. Dana yang masuk akan langsung dibelanjakan sesuai kebutuhan yang ada.

Relawan yang juga merupakan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) tersebut sangat bersyukur karena kebutuhan yang disampaikan akhirnya mendapatkan support penuh dari donatur.

“Kita menerima proposal, kemudian bikin flyer (donasi), dan jika dananya sudah mencukupi, kita penuhi itu” sambungnya menjelaskan bagaimana Komunitas Pajar bisa mendatangkan Alquran ke kampung-kampung.

Sebelum Asar, relawan bergerak menuju Musala Kira, di Dusun Kira. Dusun yang terletak di puncak sebuah bukit ini mendapatkan bantuan untuk tiga TPA, yakni TPA Murni, TPA Sulaiman, dan TPA Syahrul. Total ada 41 eksemplar Alquran, 77 buah Iqro, 5 buku Dirosah, dan 22  buku tajwid yang disalurkan kepada 5 TPA yang ada di wilayah tersebut. (Mujahid Zulfadli Aulia Rahman)


Post a Comment

0 Comments