IGI Gresik adakan Writing Camp 2 di LPMP Jatim


Pada tanggal 20-21 Januari 2018, Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Gresik kembali adakan kelas Dasar Angkatan 2 Writing Camp di LPMP Jawa Timur. Dalam kegiatan Writing Camp ini diikuti sebaganyak 48 peserta, 4 Fasilitator, 2 Editor dan 3 Narasumber. Acara Pembukaan dihadiri oleh ketua LPMP Jawa Timur Bapak Dr. Bambang Agus Susetyo, M.M., M.Pd. Dalam sambutanya, Kepala LPMP sangat senang jika guru terus belajar dalam peningkatan kompetensi guru dan berbagi ke sesama guru. "Saya sangat mengapresiasi karya karya yang dihasilkan para guru ini, mereka belajar meningkatkan kompetensi profesional utamanya dalam bidang literasi secara nyata dengan menghasilkan karya, semoga karya karya yang dihasilkan bisa menginspirasi guru lain yang belum mengikuti kegiatan ini",  pesan Kepala LPMP dalam mengakhiri sambutannya.

Dalam Rangkaian pembukaan acara IGI Writing Camp kelas dasar angkatan 2 ini diserahkan 1 buah buku antologi dengan judul "Guru bukan Tersangka" karya guru guru yang mengikuti IGI Wiriting Camp 1 di Batu Malang oleh Ketua IGI Gresik, Sukari, S.Pd., M.Pd kepada Kepala LPMP dan 1 buah buku bunga rampai Salah satu Karya alumni IGI Writing I . Dalam Kegiatan Writing Camp diharapkan ada dua tugas yang harus di selesaikan, yang pertama adalah buku antologi dan Buku Individu.
Acara sesi siang Hari pertama dilanjutkan dengan Overview IGI Jatim oleh ketua IGI jatim Bapak Drs. Marjuki, M.Pd. dan dilanjutkan dengan materi motivasi menulis oleh Bp Mustakim, S.S., M.Si. materi Mtotivasi ini sungguh sangat luar biasa, mengingat Pemateri adalah guru prestasi dan sekarang menjadi pengawas prestasi, baik tingkat kabupaten, Provinsi dan nasional. Buku  dan karyanya sudah menghantarkan untuk bertermu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tips dan cara jitu untuk menjadi penulis buku dan guru/pengawas berprestasi disampaikan dengan jelas dan mudah kepada peserta.


Setelah acara pembuakaan dan motivasi menulis, acara selanjutnya pada hari 1 kegiatan Writing Camp kelas dasar angkatan ke 2 sesi sore sampai malam adalah menulis essai dengan target untuk kegiatan ini langsung menghasilkan buku antologi.  Tema H-2 sudah disampaikan di group WA yang sudah di bentuk, sehingga pengantar dari Pak Ahmad Faizin Karimi, S.Th.I, M.Si dapat membantu memudahkan dalam proses penulisan karena seluruh penjelasan tentang bagaimana menulis sudah dikupas tuntas dalam buku "make your Book - Come True  " karya pak Faizin sendiri, begitu beliau sering disapa. Dari Proses menulis essai inilah tantangan peserta untuk bisa menyelesaikan. ada yang jam 22.00 WIB sudah selesai, namun ada yang baru jam 22.00 WIB baru mulai "KLIK" menulis, sehingga proses penyelesaian tugas untuk menulis ini baru selesai dinihari.
Pada Hari Ke 2 Writing Camp kelas Dasar angkatan 2 adalah pembahasan khusus tentang bagaimana menulis buku, semua tahapan juga sudah ada di buku panduan yang telah dibagikan pada peserta. tanya jawab lebih dominan sesi hari ke-2 ini. Pengalaman ketua IGI Gresik yang telah menerbitkan buku di penerbit mayor juga dibagikan pada peserta Writing Camp ini, sehingga pilihan untuk mencetak indie atau ke penerbit mayor menjadi pilihan penulis.


Sesi terakhir adalah acara penutupan oleh Ketua IGI Gresik dan pesan dan kesan oleh peserta. Peserta dari Probolinggo memberikan pesan dan kesannya, mengingat pantiian mengapresiasi semangat belajar menulis beliau yang dari probolinggo ke Surabaya memakai sepeda motor sebagai alat Transportasinya. Sedangkan untuk Pak Darsiono mewakili Bapak Bapak dalam memberikan pesan dan kesan. Dalam waktu dekat, IGI Gresik akan segera Mengadakan IGI Writing Kelas Dasar angkatan3. Semoga alumni angkatan 1 dan 2 bukunya segera terbit. amiin
Dokumentasi IGI Writing Camp bisa di akses di : https://www.facebook.com/sukaridarno/media_set?set=a.10211262545944268.1073741839.1377975098&type=3
Share on Google Plus

About IGI Gresik

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment